TIPS MERAWAT ORGAN INTIM BAYI DAN ANAK

Menjaga organ intim bayi anda sangatlah penting, berikut tipsnya:

  1. Setelah buang air kecil dan besar, bersihkan dahulu kotorannya dengan bola kapas yang dibasahi dengan air bersih. Guyur dengan air agar kotoran terbuang seluruhnya. Bila perlu gunakan sabun bayi dan jangan terlalu digosok ke permukaan kulit. Keringkan dengan kain atau tisu tanpa parfum yang tak mudah robek
  2. Pastikan ketika membersihkan, guyur air dari sepan ke belakang. Jangan terbalik karena bisa menyebabkan masuknya mikroba daerah anus ke vagina.
  3. Jangan gunakanĀ  bedak di daerah kemaluan. Bedak hanya boleh digunakan tipis-tipis sebatas di lipatan paha (selangkangan) untuk mencegah iritasi yang disebabkan gesekan. Jangan gunakan bedak sama sekali jika ada luka.

Menjaga organ intim anak agar terhindar dari masalah keputihan harus dilakukan . berikut tipsnya:

  1. Ajarkan anak agar merawat kebersihan organ kewanitaannya dan cara cebok serta mengeringkan yang benar.
  2. Saat buang air kecil, pastikan ank membuka lutut cukup lebar agar urin tidak terkumpul di vagina dan sekitarnya.
  3. Cebok diguyur dari depan ke belakang. Lebh bagus bila menggunakan shower/selang pancuran.
  4. Setelah cebok, keringkan daerah seputar kemaluan. Sediakan handuk kecil khusus untuk itu
  5. Kenakan pakaian dan pakaian dalam yang tidak kelewat ketat dan berbahan nyaman.
  6. Ganti celana dalam anak mnimal 2-3 kali sehari supaya celana selalu dalam keadaan bersih dan kering. Usahakan untuk sesekali mengecek celana dalam anak. Pastikan tidak ada bercak di situ.
  7. Ingatkan anak untuk tidak menahan apabila buang air kecil misalnya saat asik bermain. Akibatnya air kencing menetes sedikit-sedikit yang membuat daerah itu lembab, rawan iritasi dan gatal.
  8. Waspadalah bila anak sering buang air kecil, tidur tidak tenang karena menahan kencing atau sering menggaruk kemaluannya.