Tips Menjaga Kesehatan Mata dengan Berbagai Jenis Makanan

DokterNana.com – Mata adalah salah satu organ vital dalam kehidupan manusia. Oleh karena itu, menjaga kesehatan mata sangatlah penting karena mata merupakan salah satu dari panca indera.

Salah satu cara agar kesehatan mata tetap terjaga ialah dengan menjaga asupan nurtisinya. Mata sangat membutuhkan berbagai nutrisi, terutama vitamin A. vitamin A bisa didapat dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan, terutama buah-buahan seperti apel dan alpukat.

Selain butuh asupan vitamin A, mata juga butuh zat lainnya yang biasa disebut dengan nama Lutein. Salah satu buah buahan yang banyak mengandung Lutein adalah buah alpukat. Bahkan, jika dibandingkan dengan buah-buahan lainnya, buah alpukat adalah buah yang kandungan luteinnya paling tinggi.

Untuk  Anda yang belum tahu, Lutein adalah anti oksidan yang sangat dibutuhkan oleh mata. Lutein ditemukan terkonsentrasi di makula, daerah kecil retina yang bertugas untuk penglihatan sentral.

Selain itu, lutein membantu menjaga mata aman dari stres oksidatif dan energi tinggi foton cahaya biru. Bahkan, berbagai penelitina telah menunjukkan adanya hubungan langsung antara asupan lutein dan pigmentasi pada mata.

Selain alpukat, buah anggur juga baik untuk kesehatan mata. Buah anggur memiliki kandungan flavanoid yang banyak sehingga membuat kornea pada mata tetap sehat.

Selain dapat menyehatkan penglihatan, mengonsumsi buah anggur juga dapat menyehatkan jantung. Oleh karena itu, konsumsi pula buah anggur dalam jumlah yang cukup dan berimbang dengan buah buahan lainnya.

Selain buah-buahan, sayuranpun sangat bermanfaat untuk kesehatan mata. Misalnya saja sayur-sayuran yang berdaun hijau dan juga sayur wortel. Sayuran hijau mengandung banyak nutrisi seperti kalsium, vitamin C, vitamin K, dan zat besi. Semua nutrisi tersebut sangat penting bagi kesehatan mata.

Adapun wortel juga sangat bermanfaat untuk kesehatan mata. Sedangkan wortel memiliki kandungan beta karoten yang sangat kaya sehingga membantu mengurangi resiko mata katarak. Selain itu, wortel juga mengandung anti oksidan sehingga bisa mendegenerasi otot-otot mata.

Buah dan Sayur Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Makanan lainnya yang tak kalah bagusnya untuk menjaga kesehatan mata adalah kacang-kacangan. Kacang-kacangan mengandung banyak vitamin E yang berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit katarak pada mata. Konsumsi kacang-kacangan  yang baik untuk mata, seperti kacang almond atau kacang kenari.

Yang terakhir adalah ikan dan protein. Minyak ikan mengandung lemak esensial atau asam lemak omega-3 yang membuat otot-otot mata selalu dalam kondisi yang baik. Oleh karena itu, penglihatan orang-orang yang senang mengonsumsi ikan cenderung lebih sehat.

Adapun telur dapat membuat lensa mata tetap jernih. Telur apalagi bagian kuning telurnya mengandung uda nutrisi penting yang baik untuk mata yaitu sistein dan belerang.

Nah, itu dia beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi agar kesehatan mata tetap terjaga.

Sayangi matamu. 🙂