Tips dan Cara Memanfaatkan Bengkuang Untuk Kecantikan

DokterNana.com – Saat ini siapa sih yang tidak ingin memiliki kulit wajah dan memliki badah putih sehat segar? Mempunyai kulit putih yang sehat dan segar adalah idaman setiap wanita di Indonesia  pada umumnya termasuk pria sekalipun.

Memiliki kulit wajah yang sehat dan segar tentunya akan mengingkatkan rasa kepercayaan diri pada wanita maupun pria tetapi lebih dominan pada kaum wanita. Misalnya dalam hal berpakaian, apapun pakaiannya jika yang memakainya itu memiliki badan dengan kulit putih bersih serta segar pastinya itu sangatlah terlihat cocok.

Mungkin pada saat ini para kaum hawa atau wanita akan malas apabila menggunakan cara alami yang sangat merepotkan, karena dengan majunya teknologi  maka banyak lotion ataupun bedak pemutih yang beredar yang memang berinti dari bahan dasar yang sama yaitu Bengkuang.

Bengkuang atau Bengkoang

Bengkuang ini sangatlah baik untuk kulit karena mengandung banyak kandungan yang bermanfaat seperti pachrhizon, retenon, vitamin B1 dan Vitamin C, Inulin, calcium serta antioksidan.

Beberapa zat yang terkandung didalamnya ada yang mampu untuk membantu memutihkan dan mampu mencerahkan kulit. Khasiat dari bengkuang ini sudah sangat terbukti secara turun-temurun dan pastinya sangat mudah bagi kita untuk mendapatkannya.

Berikut ini adalah beberapa tips menggunakan bengkuang untuk merawat kulit anda:

Bengkuang dapat Menghilangkan Flek Hitam pada Wajah

Untuk menghilangkan flek hitam serta membersihkannya dan mencerahkan wajah, kita dapat memanfaatkan bengkuang dengan membuatnya menjadi masker bengkuang.

Untuk membuat masker bengkuang ini cukup mudah, berikut ini adalah langkah untuk membuat  dan cara menggunakan masker bengkuang:

  1. Ambil bengkuang yang masih segar secukupnya lalu diparut
  2. Bersihkan wajah terlebih dahulu dengan air hangat
  3. Hasil parutan tersebut diusapkan di wajah anda
  4. Tunggu sekitar 15 sampai 3o menit hingga aga mongering
  5. Cucilah hingga bersih wajah anda dengan menggunakan air hangat, lalu bilas kembali menggunakan air dingin
  6. Keringkan wajah anda menggunakan handuk bersih sampai benar benar kering
  7. Lakukan hat tersebut secara rutin, minimal 2 kali seminggu atau sesuai keperluan.

Bedak Dingin Bengkuang untuk Membuat Rileks serta Memutihkan Wajah

Bedak dingin bengkuang ini sangatlah bermanfaat untuk mendinginkan, membuat rileks, serta dapat memutihkan wajah anda secara alami yang cukup popular dikalangan masyarakat. Pembuatannyapun sangatlah mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja karena bahan dan juga alatnya mudah sekali untuk anda dapatkan.

Berikut ini adalah tips memutihkan wajah menggunakan bengkuang yang bisa anda ikuti langkahnya:

  1. Ambil 2 buah bengkuang yang masih segar lalu dibilas hingga bersih dan diparut
  2. Disini yang akan kita ambil adalah sari pati dari endapan air perasan bengkuangnya, maka untuk lebih melembutkannnya maka hasil parutan tersebut diblender.
  3. Setelah bengkuang tersebut diblender hingga halus, lalu tambahkan sedikit air dan diperas, air hasil perasan ini kemudian didiamkan kurang lebih 4 sampai 5 jam sampai sari pati dari bengkuang mengendap seluruhnya
  4. Pati hasil dari endapan air bengkuang inilah yang akan kita jadikan sebagai bedak dingin, maka oleskan bedak tersebut pada wajah yang terlebih dahulu di bersihkan atau dicuci bersih
  5. Diamkan hingga 15 – 30 menit hingga mongering, lalu bilas dengan air hangat.

Bengkuang memiliki efek pendingin karena umbi ini memiliki kadar air yang cukup tinggi yaitu sekitar 86-90%.  Bengkuang juga sangat bagus bagi penderita diabetes karena rasa manis yang ditimbulkan  tidak bisa dicernah oleh tubuh manusia. Hal ini karena rasa manis yang berasal dari oligosakarida yang disebut dengan inulin.

Nah demikianlah beberapa tips dan cara memanfaatkan buah bengkuang untuk kecantikan Anda. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel saya selanjutnya.

Salam cantik!