TIPS ANAK TETAP FIT SAAT BERPUASA

Islam mewajibkan puasa bagi seseorang yang telah akhil baligh, namun sebelum anak akhil baligh biasanya orang tua telah mengajari anak berpuasa. Banyak segi positif dari berpuasa yang bermanfaat yang diajarkan orang tua untuk anaknya. Sejak anak berusia 4 tahun sudah boleh belajar puasa. Untuk pertama kalinya sebaiknya anak diajarkan untuk berpuasa beberapa jam dahulu, jika anak memungkinkan dan kondisi fisiknya kuat, anak boleh dilatih puasa bertahap hingga puasa sampai magrib.

Secara medis, puasa dapat meningkatkan hormone pertumbuhan anak dan jika orang tua menerapkan petunjuk puasa yang tepat untuk anak, puasa tidak akan membuat anak sakit.

Selama puasa, aktivitas anak biasanya meningkat sehingga waktu tidur atau istirahat dan gizi yang cukup harus diperhatikan. Anak sebaiknya istirahat atau tidur 10-12 jam sehari. Istirahat dan tidur yang cukup diperlukan agar tubuh dapat mengganti sel-sel yang rusak. Biarkan anak tetap beraktivitas selama berpuasa, tetapi juga harus diawasi, jangan sampai melebihi atau sama berat dari saat dia tidak berpuasa. Orang tua dapat mencarikan kegiatan atau alternatif permainan yang sesuai dengan kondisi anak saat puasa.

Nah, para orangtua, selamat berpuasa dan melatih si kecil berpuasa. Semoga mendapatkan keberkahan dalam ibadah puasa.