TEH HITAM ANTI ANTHRAX DAN ANTIBACTERIAL

TEH HITAM ANTI ANTHRAX DAN ANTIBACTERIAL

Sebuah studi yang dilakukan tim penelitian internasional dari universitas Cardiff dan universitas Maryland, mengungkapkan bahwa secangkir teh dapat menjadi zat anti bacillus anthracis atau yang lazim disebut anthrax. Sejak abad yang lalu the telah menjadi minuman favorit inggris raya.

Study ini dipimpin oleh Prof. Les Baillie dari Welsh School of Pharmacy di Universitas Cardiff dan DR. Theresa Gallagher dari Biodeffense Institute, yang merupakan bagian dari Medical Biotechnology Centre. Para Ilmuwan menemukan bahwa teh yang menjadi menu sarapan pagi bangsa inggris potensial menghambat aktivitas anthrax, selama masih dalam bentuk the hitam.

Anthrax menjadi penyakit yang cukup fatal bagi manusia, disebabkan oleh bakteri Bacillus Anthracis. Bakteri ini memiliki progresifitas cepat dan berat, yang terjadi ketika spora bakteri terhisap. Karenanya anthrax sangat mematikan saat digunakan sebagai agen senjata biologis. Maret 2008, dalam society for applied Microbiology’s Journal Microbiologist, Prof. Baillie menyatakan “penelitian kami dimaksudkan untuk mencari cara dalam memastikan, apakah teh lebih efektif dibandingkan kopi Amerika yang tersedia di pasaran dalam membunuh anthrax. Kami menemukan, komponen-komponen special dalam teh seperti phplyphenol memiliki kemampuan menghambat aktivitas anthrax”.

Studi ini memberikan bukti-bukti lebih lanjut dalam cakupan yang lebih luas mengenai keuntungan efek fisiologis dan farmakologis teh hitam. Peneliti juga menunjukkan bahwa menambahkan susu dalam secangkir the dapat secara penuh menghambat aktivitas antibacterial, dalam melawan anthrax.