PRINSIP PEMILIHAN SUSU

 

 

 

 

 

 

 

Secara umum prinsip pemilihan susu yang tepat dan baik untuk anak adalah sebagai berikut:

1.       Susu disesuaikan dengan usia anak, karena zat gizi yang terdapat di dalamnya sudah ditambahkan sesuai kebutuhan pada usia tersebut.

2.       Pilihlah susu yang tidak menimbulkan alergi pada si anak. Alergi susu formula ditandai dengan gangguan saluran cerna seperti diare, muntah, atau kesulitan buang air besar. Ia juga tidak menimbulkan gangguan lainnya seperti batuk, sesak, gangguan kulit, dan sebagainya. Penerimaan terhadap susu pada setiap anak sangat berbeda. Anak tertentu bisa menerima susu A, tetapi anak lainnya bila minum susu A terjadi diare atau muntah.

3.       Jangan berpatok pada cita rasa enak dan disukai anak, meskipun susu tersebut disukai anak, tetapi bisa menimbulkan alergi akan menimbulkan banyak masalah kesehatan bagi anak.

4.       Harga susu yang mahal dan merk yang terkenal juga bukan merupakan jaminan bahwa susu tersebut yang terbaik.

5.       Penambahan AA, DHA, Spingomielin pada susu formula bukan juga pertimbangan utama pemilihan susu yang terbaik. Penambahan zat-zat seperti AA, DHA, dan spingomielin boleh-boleh saja dilakukan, tapi bila makanan si anak sudah bervariasi dari jenisnya, maka itu sudah cukup.  Anda perlu tahu, penambahan zat yang diklaim berpengaruh terhadap kecerdasan anak ini masih sangat controversial. Banyak penelitian masih bertolak belakang untuk menyikapi pendapat.

6.       Penambahan prebiotik atau sinbiotik untuk memperbaiki saluran cerna bukanlah yang utama. Belum ada penelitian yang pasti apakah perlu penambahan zat tersebut ke dalam susu.

LANGKAH PEMILIHAN SUSU FORMULA

Bagaimana strategi atau langkah yang tepat dalam melakukan pemilihan susu formula yang terbaik bagi anak. Langkah awal yang harus dilakukan adalah menentukan apakah anak mempunyai resiko alergi atau intoleransi susu sapi. Resiko ini terjadi bila ada salah satu atau kedua orang tua pernah mengalami alergi, asma, atau ketidakcocokan terhadap susu sapi. Bila terdapat resiko alergi dan gejala lain seperti diatas, harus lebih cermat dalam melakukan pemilihan susu.

Bila mencurigai anak terjangkit alergi susu cepatlah mengganti dengan susu lain. Maka bisa dipilih susu yang bebas lactose. Begitu juga bila anak alergi susu sapi, bisa dipilih susu kedelai. Reaksi yang terjadi bila tidak cocok susu tertentu bisa berupa diare atau muntah-muntah. Bila terjadi maka hentikan penggunaan susu tersebut. Bila reaksi alergi parah maka periksakan ke dokter.

Selain ketidak cocokan terhadap susu, pertimbangan berikutnya dalam pemilihan susu adalah masalah harga. Sesuaikan pemilihan susu dengan kondisi ekonomi keluarga. Harga susu tidak secara langsung berkaitan dengan kualitas kandungan gizinya. Meskipun susu tersebut murah belum tentu kalori, vitamin, dan mineralnya, kurang baik. Selama jumlah, jenis sesuai untuk usia anak dan tidak ada gangguan maka itu adalah susu yang terbaik untuk tumbuh kembang anak anda.