Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Mencegah Batuk Pilek Pada Anak

 

Ada banyak penyebab munculnya sakit batuk dan pilek pada anak. Mulai dari anak kurang disiplin menjaga kebersihan hingga tingkat aktivitas yang padat akan menyebabkan daya tahan tubuh menurun.

 

Juga bisa terserang melalui tertular dari teman – teman di luar rumah dan di sekolah. Kondisi ini rentan menyebabkan anak terkena stres yang buruk bagi perkembangan kesehatan jiwa. Juga dapat menghambat kerja sistem kekebalan tubuh anak.

Mengapa bisa terjadi ? Ketika stres, tubuh akan mengeluarkan banyak hormon kortisol dan adrenalin. Meskipun sering terjadi, para orangtua dapat membantu mereka guna mencegah batuk dan pilek pada anak.

Caranya cukup sederhana, ikuti beberapa langkah berikut ini tentang kebiasaan sehari – hari guna mencegah batuk serta pilek pada anak, antara lain sebagai berikut :

 

1/Lakukan cuci tangan dengan memakai sabun

Anda harus rajin mengingatkan anak untuk selalu cuci tangan memakai sabun sebelum makan, pulang dari sekolah, setelah bermain dan lainnya.

Ini juga wajib dilakukan oleh para orangtua. Terutama sebelum menyiapkan makanan bagi anak dan setelah bepergian keluar rumah.

2/Lakukan dan jaga kebersihan rumah beserta seluruh isinya

Kegiatan yang rutin dilakukan di rumah seperti menyapu dan mengepel adalah kegiatan harian setiap orang di rumahnya masing – masing.

Tetapi menurut Daniel Frattarelli seorang pakar dan anggota dari American Academy of Pediatrics menjelaskan dalam Parents Magazine bahwa kedua kegiatan ini tidak cukup karena kuman banyak menempel di tempat – tempat tak terduga yang sering kita sentuh. Contohnya remote, TV, mainan anak dan gagang pintu kulkas.

BACA:  4 Faktor Penyebab Sakit Flu Tidak Kunjung Sembuh

3/Peralatan makan lainnya, gelas dan piring letaknya dipisahkan

Kebiasaan sehari – hari guna mencegah batuk serta pilek pada anak yang ketiga adalah memisahkan letak peralatan makan lainnya, gelas dan piring. Saat anda sedang sakit, anda secara sadar sebaiknya menggunakan gelas minum yang berbeda dari anggota keluarga lainnya yang sehat.

Nah bagaimana dengan anak anda? Anda wajib mengajarkan kepada mereka untuk memakai gelas, piring dan peralatan makan lainnya secara terpisah saat sedang sakit.

Tujuannya adalah agar tidak menularkan penyakit ke anggota keluarga lainnya di rumah. Bila perlu tempelkan label / spidol untuk memberi tanda pada peralatan makan dan minum masing – masing.

4/Setiap hari wajib menyajikan buah – buahan segar

Pada umumnya anak – anak sangat malas untuk makan buah dengan beragam alasan. Sebagian dari mereka menjadi tidak suka karena malas mengolahnya.

Untuk memudahkan mereka makan buah, maka anda bisa membantu dengan cara mengupaskan dan memotong buah menjadi kecil – kecil. Beberapa potong saja jika dilakukan setiap hari akan menjadi lebih baik bila dibandingkan jarang makan buah.

Jenis buah yang diberikan harus bervariasi. Banyak mengandung zat antioksidan dan vitamin yang bisa menguatkan sistem imun, menangkal efek radikal bebas di udara dan menjaga kesehatan secara umum.

***

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang kebiasaan sehari – hari guna mencegah batuk serta pilek pada anak. Semoga bermanfaat.