KOPI CEGAH KANKER PROSTAT

KOPI

Studi yang dilakukan peneliti dari Harvard School of Public Health menunjukkan pria yang minum kopi secara teratur berisiko lebih rendah terkena kanker prostat. Kanker prostat adalah kanker penyebab kematian nomor dua di Amerika serikat; sekitar dua juta pria di AS dan 16 juta pria di seluruh dunia adalah survivor kanker prostat.

Penelitian ini menemukan, kopi dapat menurunkan risiko berkembangnya bentuk kanker prostat yang paling ganas. Kopi mengandung komponen yang berperan sebagai antioksidan, mengurangi peradangan, dan mengatur insulin; kesemuanya itu turut mempengaruhi kanker prostat.

Diteliti hubungan antara komsumsi kopi dan risiko kanker prostat, khususnya risiko terhadap kanker prostat agresif pada 49.911 pria di AS, melalui studi health Proffesionals Follow UP. Mereka melaporkan konsumsi kopi setiap 4 tahun sejak 1986 sampai 2008. Selama periode studi dilaporkan ada 5.035 kasus kanker prostat.

Hasilnya, kelompok pria yang mengkonsumsi kopi paling banyak (>6 gelas/hari), beresiko 20% lebih rendah terhadap kanker prostat. Efek ini lebih kuat lagi terhadap kanker prostat ganas ; yakni 60% lebih rendah. Konsumsi 1-3 gelas kopi/hari menurunkan 30% risiko kanker ganas.

Tampaknya efek bukan dari kafein, karena risiko sama-sama berkurang, baik dengan kopi biasa maupun kopi rendah kafein. Tentunya, efeknya akan lebih maksimal bila kopi hanya diberi sedikit gula ataupun tidak sama sekali.