Khasiat dan Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan

DokterNana.com – Temulawak atau nama latinnya Curcuma xanthorrhiza Roxb adalah tanaman yang memiliki berbagai kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan. Temulawak termasuk ke dalam famili Zingiberaceae.

Jika dilihat, secara sekilas temulawak hampir mirip dengan kunyit dikarenakan warna kuning pada daging umbinya. Perbedaanya, ukuran temulawak lebih besar dan tektsturnya lebih kasar.

Khasiat dan Manfaat Temulawak untuk Kesehatan

Berbagai khasiat yang terkandung pada temulawak membuat tanaman ini dikenal sebagai tanaman obat. Sejumlah zat terkandung di dalamnya, seperti zat xanthorizol, germaken, isofuranogermakren, trisiklin, allo aromadendren, fellandren, ar-turneron, dan turmerol, kurkumin, desmetoksokurkumin, zat tepung, kamfer, glikosida, toluyl metil karbinol dan 1-sikloisoprenmyrsen.

Temulawak memiliki berbagai macam khasiat yang bermanfaat untuk mengobati berbagai gangguan kesehatan dan penyakit. Diantaranya adalah untuk mengobati sakit maag, bau ketika haid, memperbanyak ASI, melancarkan BAB, asma, cacar air, sakit limpa, sariawan, bau badan, hepatitis, bahkan nyeri sandi dan tulang.

Mengatasi Maag dan Hilangkan Bau Haid

Untuk mengobati sakit maag, temulawak cukup dipotong-potong dengan ukuran yang kecil kemudian direbus. Setelah airnya mendidih, dinginkan dan bisa langsung diminum airnya.

Sedangkan untuk mengatasi bau haid, caranya cukup menyeduh rimpang yang telah dipotong-potong dengan ukuran kecil yang telah dicampurkan dengan asam jawa. Setelah diseduh dan telah dingin, airnya sudah bisa diminum.

Melancarkan Buang Air Besar (BAB)

Nah, jika kamu tidak lancar ketika buang air besar, maka kamu bisa menggiling rimpang yang dicampurkan dengan biji sesawi hingga halus. Kemudian campurkan dengan sedikit air dan peras. Air perasan tersebut bisa diminum untuk melancarkan buang air besar.

Meningkatkan Produksi ASI

Khasiat temulawak yang selanjutnya ialah bagi ibu yang sedang menyusui. Bagi wanita yang sedang menyusui dan ingin memperbanyak ASI nya maka konsumsi temulawak. Caranya dengan menggiling rimpang kemudian dimasak hingga menjadi bubur bersama sagu. Makanan tersebut bisa dikonsumsi seperti halnya mengonsumsi bubur.

Mengobati Penyakit Limpa

Selain itu, temulawak  juga bermanfaat untuk mengobati penyakit limpa. Caranya dengan memarut 2 rimpang temulawak, setengah rimpang lengkuas dan 1 genggam meniran.

Kemudian rebus ketiga bahan tersebut menggunakan 1 liter air hinggi mendidih. Setelah mendidih, air rebusan tersebut kemudian disaring dan didinginkan lalu diminum dengan dosis 1 cangkir sehari.

Mengatasi Asma

Khasiat temulawak yang terakhir ialah untuk mengobati penyakit asma dan cacar air. Untuk penyakit asma, temulawak sebanyak 1,5 rimpang bisa diiris tipis-tipis kemudian dikeringkan dan direbus menggunakan air sebanyak 5 gelas.

Tambahkan gula aren satu potong. Setelah mendidih, air rebusan tadi disaring dan diminum sehari dua kali dengan sekali minum setengah gelas.

Mengobati Penyakit Cacar Air

Sedangkan untuk mengobati penyakit cacar air, rimpang diiris tipis-tipis dan dan dikeringkan. Setelah itu, direbus menggunakan 1 liter air dan ditambahkan buah asam satu tangkai. Setelah mendidih dan disaring, air rebusan tersebut bisa didinginkan dan diminum sehari dua kali dengan dosis satu kali minum satu cangkir.

***

Sangat banyak khasiat dan manfaat temulawak untuk kesehatan yang bisa kita manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini tanaman herbal temulawak sudah banyak diolah dan dipasarkan dalam bentuk yang lebih modern seperti cream, serbuk, minuman kesehatan dan kapsul. Jadi kita tidak perlu repot lagi mencari dan meramunya. 🙂

Salam sehat!