Bahayakah Penyakit Biduran Itu?

DokterNana.com – Tahukah kamu dengan penyakit biduran? Bahakah penyakit biduran? Biduran sendiri dikenal dalam istilah medis dengan nama urtikaria atau kadang juga disebut angioedema. Ini adalah sejenis penyakit kulit yang seringkali dijumpai.

Bahayakah Penyakit Biduran

Penyakit ini memiliki tingkatan yang berbeda-beda, ada yang kadarnya ringan ada juga yang berat. Biduran dengan kadar ringan biasanya hanya berupa bengkak pada kulit yang lambat laun akan menghilang secara perlahan. Namun untuk kadar yang terbilang berat dipastikan dapat membahayakan bagi kesehatan.

Untuk mengantisipasi terjadinya penyakit ini tentu saja mengetahui gejala-gejala biduran beserta pencegahannya. Ingat, meskipun penyakit ini tidak begitu membahayakan tapi jika tidak diperhatikan nantinya akan menyebabkan masalah kulit yang serius.

Seperti pada pertanyaan yang kami berikan diatas, bahayakah penyakit biduran? Jawaban yang tepat adalah bisa berbahaya bisa juga tidak. Semua itu tergantung dengan kadar manfestasinya.

Gejala Penyakit Biduran

Gejala-gejala yang biasanya terjadi ketika biduran antara lain adalah bengkak pada kulit, warna kulit menjadi pucat dan kemerahan, ada sedikit rasa panas menyengat, rasa gatal hingga rasa tertusuk. Jika biduran terjadi selama kurang dari 2 minggu berarti masih dalam kadar normal dan bisa sembuh dengan cepat.

Namun jika dalam jangka waktu 6 minggu tetap saja tidak sembuh maka ada baiknya untuk segera pergi ke dokter. Biduran sendiri seringkali terjadi ketika musim perubahan cuaca, baik musim hujan maupun musim panas. Biduran sendiri mudah sekali menyerang manusia diberbagai usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Pada beberapa kasus tertentu biduran menjadi salah satu alergi yang cukup serius dan dapat membahayakan seseorang bahkan mengancam nyawa. Biasanya biduran dalam tingkatan akut dapat dilihat dari gejala-gejala yang ditimbulkan, mulai dari pembengkakan pada wajah yang tak kunjung sembuh, pembengkakan pada lidah dan kerongkongan, suara mengi ketika bernafas, dada terasa sangat berat dan susah bernafas.

Selain itu, juga biasa dilaporkan adanya pusing, kehilangan kesadaran hingga jantung yang berdetak sangat cepat. Ketika mengalami keadaan tersebut, seseorang harus mendapatkan pertolongan cepat dan harus segera dibawa ke rumah sakit.

Jika ada pertanyaan yang mengatakan, bahayakah penyakit biduran? Maka kami jawab berbahaya jika sudah mengalami beberapa gejala diatas. Lalu bagaimana pengobatan yang tepat untuk masalah ini?

Pengobatan Penyakit Biduran

Pengobatan yang paling baik dan ideal untuk mengobati penyakit ini adalah mengurangi penyebab terjadinya penyakit ini. Beberapa penyebab biduran antara lain adalah makanan, beberapa jenis obat seperti antibiotic, vaksinasi, pil kontrasepsi, opium dan beberapa jenis obat lainnya.

Tidak hanya obat dan makanan saja, kontaminasi secara langsung dengan beberapa jenis tanaman maupun hewan juga bisa menyebabkan biduran.

Satu lagi yang menyebabkan penyakit biduran adalah faktor lingkungan. Mulai saat ini usahakan untuk selalu berhati-hati ketika menggunakan obat, mengkonsumsi makanan, kontak langsung dengan tanaman dan hewan bahkan melakukan kegiatan di luar rumah.

Untuk mengobati penyakit ini kamu bisa mengkonsumsi suplemen harian, mengurangi kontal langsung dengan hal-hal yang dapat menyebabkan biduran hingga meminum obat yang dikhususnya untuk mengobati biduran.

Jika beberapa hal tersebut tidak bisa menyembuhkan penyakit tersebut, segeralah pergi ke dokter dan berkonsultasilah. Jangan sampai biduran dibiarkan dalam jangka waktu yang cukup lama atau bahkan anda biarkan terkena hawa dingin yang akan memperparah keadaan.

Ingat jangan menggaruk terlalu sering, hal ini hanya akan membuat luka pada kulit. Hindari aktifitas berat yang mengeluarkan banyak keringat. Semoga sedikit ulasan yang kami berikan diatas dapat menambah wawasan anda dan bermanfaat untuk anda.