AMAN MEMILIH JAJANAN ANAK

AMAN MEMILIH JAJANAN ANAK

Kebanyakan anak sangat tergoda dengan makanan yang berwarna mencolok atau bentuknya menarik, tapi ternyata makanan tersebut tidak aman. Berikut cara mudah memilih jajanan aman bagi anak.

1.       Amati warnanya, mencolok atau tidak

Amati apakah makanan tersebut berwarna mencolok atau jauh berbeda dari aslinya. Snack, kerupuk, mie, es krim, yang berwarna terlalu mencolok ada kemungkinan telah ditambahkan zat pewarna yang tidak aman.

2.       Cicipi Rasanya

Biasanya lida cukup jeli untuk membedakan mana makanan yang aman atau tidak. Makanan yang tidak aman umumnya berasa tajam, missal sangat gurih, membuat lidah bergetar dan tenggorokan gatal.

3.       Baui aromanya

Bau apek atau tengik pertanda makanan tersebut sudah rusak atau terkontaminasi oleh mikroorganisme.

4.       Amati komposisinya

Bacalah dengan teliti adakah kandungan bahan-bahan makanan tambahan yang bahaya dan bisa merusak kesehatan.

5.       Perhatikan kualitasnya

Perhatikan kualitas makanan, apakah masih segar atau sudah berjamur yang bisa menyebabkan keracunan. Makanan yang sudah berjamur menandakan proses tidak berjalan dengan baik atau sudah kadaluarsa.

6.       Terdaftar di BPOM

Bila hendak membeli makanan impor, usahakan produknya telah terdaftar di BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan) yang bisa dicermati dalam label yang tertera di kemasannya. Ingat juga kriteria aman itu bervariasi, aman bagi satu orang belum tentu aman bagi yang lainnya. Pada anak tertentu, bisa saja bahan pengawet menimbulkan reaksi alergi. Contohnya pengawet kalsium benzoate pada produk minuman ringan yang amat digandrungi anak-anak. Bagi anak-anak yang sehat mungkin tidak memberikan dampak, tapi bagi anak-anak yang menderita asma kandungan bahan pengawet ini bisa membuatnya kambuh.